Carmen Jimenez wanita menawan. Muda cantik, tua menarik. Hari ini usianya 57 tahun. Hebatnya, 28 tahun lamanya ia berhasil berpura-pura buta gara-gara malas bersosialisasi dan bertegur sapa. Tapi lama-lama keluarganya curiga karena setiap bersolek kok rapi. Berbohong harus konsisten untuk terus berbohong. Karena itu tidak mudah, maka jangan berbohong.
Ada seberapa banyak sales team yang mencampur antara gimmick dan lying?
Gimmick adalah aneka daya pikat yang kadang rada berlebihan sampe hampir-hampir bohong, tapi tetap saja bukan bohong beneran. "Hanya 15 menit ke Mall SKA" adalah gaya gimmick awal 2000-an pada banyak ocehan developer untuk bilang “kami cepat kok”.
Proyek-proyek itu jauh di luar pusat Kota Pekanbaru, sehingga perlu dipikat “kami memang jauh tapi cepat nyampe”. Ini gimmick yang sekarang jadi geblek karena semua tahu, pemukim-pemukiman luar-luar kota, butuh waktu min 30 menit untuk nyampe ke Mall SKA. Halah!
Berbohong adalah ujaran pembalikan fakta yang sengaja dibuat untuk menutup situasi yang sesungguhnya. Jadi, kebohongan memang tergolong kejahatan.
Tapi, konsumen juga punya untuk kemampuan menutupi kebohongan saat bertanya informasi. "Ya. Kalo ada waktu, kita coba dulu survey lokasi", padahal hanya sekedar mencari tahu informasi sana-sini.
Nah! Persoalannya ada yang dapat dimaafkan dan ada yg kebablasan. Ada kebohongan yang rada jauh dari pidana, karena tidak punya dua alat bukti.
Yang salah adalah, marketing-marketing ngomong seenaknya dan janji sana-sini yang penting closing, konsumen gigit jari karena janjinya tidak tertulis dan yang ngomong sudah resign entah kelaut mana. Tapi berbohong dalam jualan properti butuh seni. Apa itu? Konsisten alias sama terus sepanjang masa.
Itu butuh keahlian dan hanya bisa sukses jika berlatih terus.
Ada seberapa banyak sales team yang mencampur antara gimmick dan lying?
Gimmick adalah aneka daya pikat yang kadang rada berlebihan sampe hampir-hampir bohong, tapi tetap saja bukan bohong beneran. "Hanya 15 menit ke Mall SKA" adalah gaya gimmick awal 2000-an pada banyak ocehan developer untuk bilang “kami cepat kok”.
Proyek-proyek itu jauh di luar pusat Kota Pekanbaru, sehingga perlu dipikat “kami memang jauh tapi cepat nyampe”. Ini gimmick yang sekarang jadi geblek karena semua tahu, pemukim-pemukiman luar-luar kota, butuh waktu min 30 menit untuk nyampe ke Mall SKA. Halah!
Berbohong adalah ujaran pembalikan fakta yang sengaja dibuat untuk menutup situasi yang sesungguhnya. Jadi, kebohongan memang tergolong kejahatan.
Tapi, konsumen juga punya untuk kemampuan menutupi kebohongan saat bertanya informasi. "Ya. Kalo ada waktu, kita coba dulu survey lokasi", padahal hanya sekedar mencari tahu informasi sana-sini.
Nah! Persoalannya ada yang dapat dimaafkan dan ada yg kebablasan. Ada kebohongan yang rada jauh dari pidana, karena tidak punya dua alat bukti.
Yang salah adalah, marketing-marketing ngomong seenaknya dan janji sana-sini yang penting closing, konsumen gigit jari karena janjinya tidak tertulis dan yang ngomong sudah resign entah kelaut mana. Tapi berbohong dalam jualan properti butuh seni. Apa itu? Konsisten alias sama terus sepanjang masa.
Itu butuh keahlian dan hanya bisa sukses jika berlatih terus.